The Importance of Sharing


Tulisan saya kali ini, saya akan coba membahas bagaimana membuat sebuah file jar yang executable. Artinya kita tidak harus membuka editor seperti Jcreator, Netbeans, EditPlus dan lain sebagainya untuk mencari main class dan menjalankan aplikasi. Cukup dengan double clik pada file jar yang telah kita buat😀. Sebagai bahan percobaan saya akan menggunakan Project Pemilihan Suara UKKH STIKOM yang telah saya buat menggunakan JCreator. Ada Sekitar 21 class yang harus saya gabungkan untuk membuat file jar yang executable.

Baiklah langsung saja disimak :

  1. Arahkan dulu ke dalam project anda seperti gambar dibawah ini.
  2. Kemudian, jika pathnya belum di setting, maka setting dulu pathnya kedalam folder jdk anda

    set Path=”C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_18″\bin

  3. Jika sudah di setting maka kita mulai membuat file jar-nya dengan perintah

    jar cvf HitungSuara.jar HitungSuara

    Perintah diatas maksudnya adalah untuk membuat sebuah file jar dimana HitungSuara.class dimasukkan kedalam file jar tersebut. Jangan terburu – terburu dulu untuk mengeksekusi file jar tersebut, karena file tersebut masih error. Mengapa demikian? Karena kita belum mengarahkan main classnya. Perintah tersebut sebenarnya ditujukan untuk memancing supaya file manifest terbentuk. Secara default, ketika kita membuat file Jar, secara otomatis file MANIFEST.MF ini akan terbentuk dan terletak didalam folder META-INF. Nah, file MANIFEST.MF inilah yang harus dimodifikasi dengan memasukkan main class project kita supaya kita bisa mengeksekusi project kita kita cukup dengan double klik saja.

  4. Nah untuk itu kita harus mengekstrak kembali file Jar tersebut dengan perintah

    jar xf HitungSuara.jar

    Maka kita bisa lihat akan muncul sebuah folder baru didalam direktori anda bernama META-INF. Selanjutnya carilah file MANIFEST.MF tersebut dan bukalah dengan menggunakan notepad, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

    Lalu tambahkan main class project kita dengan mengetikkan Main-Class: diikuti nama main class project kita seperti gambar dibawah ini.

    Dan penting untuk diingat, setiap anda memodifikasi file manifest tersebut selalu akhiri dengan garis baru, karena kalu tidak akan terjadi error pada saat mengeksekusi file jar tersebut.

  5. Kemudian langkah selanjutnya adalah menggabungkan kembali file manifest yang dibuat dengan semua file yang ada. Caranya adalah seperti berikut ini :

    jar cvfm HitungSuara.jar META-INF\MANIFEST.MF *.class *.jpg

    Perintah tersebut adalah membuat file jar yang baru tetapi tidak akan membentuk file manifest baru karena kita sudah mempunyai sebuah file manifest yang telah dimodifikasi.
    Sebagai catatan, harap berhati – hati ketika menggunakan perintah ini, option “m” dan “f” urutannya adalah manifest dan jar. Jika anda terbalik maka akan terjadi error

  6. Jika sudah berhasil maka file jar tersebut sudah siap dieksekusi. Nah gampang kan😀
    Referensi : http://download.oracle.com/javase/tutorial/deployment/jar/build.html

Comments on: "Membuat Executable Jar melalui Command Prompt" (4)

  1. cara eksekusinya gimana mas ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: