The Importance of Sharing


Saya baru saja menginstall linux, karena entah kenapa windows XP saya mengalami Blue Screen. Setelah Blue Screen dan melakukan restart setiap loading mau masuk windows selalu error dan balik lagi melakukan restart. Saya jadi bingung, akhirnya saya putuskan untuk instal ulang aja, dan saya kepikiran ingin nyobain nginstall linux lagi namun versi yang baru (sebelumnya saya udah pernah nyoba nginstal ubuntu 8.04). Akhirnya saya pilih deh ubuntu 10.04. Setelah saya melakukan backup data segera saya instal tu linux. Namun apa yang terjadi setelah saya instal, ternyata driver VGA saya tidak ditemukan, ini saya ketahui setelah saya setting visual effect saya dari none ke extra. Aduh langsung pusing deh kepala saya, lalu saya tanya ke mbah google, saya googling sana sini akhirnya ketemu.Berikut Tahapan yang harus dilakukan :

  1. Anda Download dahulu drivernya disini. Pada situs tersebut sebenarnya juga disertakan cara instalasinya, namun ini adalah tahapan yang saya lakukan sewaktu menginstal driver. Kemudian anda buka terminal anda
  2. Lalu ketikkan perintah sudo update-pciids. Lalu arahkan ke direktori dimana anda menyimpan driver yang telah didownload.
  3. install driver tersebut dengan perintah sudo ./ati-driver-installer-10-1-x86.x86_64.run. Lalu masukkan password root anda. Maka nanti akan muncul sebuah interface seperti ini.
  4. Nah anda selanjutnya tinggal ikuti saja step-step tersebut. Jika sudah selesai selanjutnya adalah ketikkan perintah berikut ini sudo jockey-text -e xorg:fglrx ini digunakan untuk mengatifkan driver yang telah diinstal tadi. atau jika tidak anda bisa melakukannya lewat Hardware Drivers pada System —-> Administration.
  5. Nah selanjutnya restart komputer anda.

Nah sekian yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

