The Importance of Sharing


Setelah sekian lama tidak membuat artikel, akhirnya sekarang saya ada kesempatan juga *hahahaha…..*. Tulisan kali ini saya ingin membagi pengalaman saya, ketika membuat aplikasi. Pada waktu saya membuat aplikasi, saya dihadapkan pada sebuah kondisi dimana saya harus me-reset JTextField menjadi seperti awal atau kosong. Nah jika hanya ada satu atau dua JTextField tidak masalah, kita bisa menggunakan kode seperti ini.

jTextField1.setText("")

Nah yang jadi masalah adalah bagaimana jika ada puluhan JTextField, kita tidak mungkin mengetik kode tersebut satu persatu. Ketika saya membuat aplikasi menggunakan VB.NET, kode yang saya gunakan untuk menghapus TextBox (di VB JTextField disebut TextBox) secara simultan adalah seperti dibawah ini.

Sub ClearAll()

        For Each a As Control In Me.Controls

            If TypeOf a Is TextBox Then

                a.Text = ""

            End If

        Next

End Sub

Nah, bagaimana dengan java ? khususnya Swing. Apakah kita bisa me-reset JTextField secara simultan ? Untuk itu mari kita lakukan sedikit percobaan.

  1. Kita buat dulu sebuah form yang berisi beberapa JTextField dan sebuah button, JTextField kita kumpulkan jadi satu kedalam sebuah panel seperti gambar dibawah ini.

    Jangan lakukan perubahan apapun pada isi JTextField tersebut, karena kita akan menghapus isinya melalui kode.
  2. Kemudian pada button clear kita beri event berupa actionPerformed, lalu kita ketikkan kode dibawah ini.
    private void jButton1ActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
            for (Component component : jPanel1.getComponents()){
                if (component.getClass().getSimpleName().equalsIgnoreCase("JTextField")){
                    JTextField field = (JTextField) component;
                    field.setText("");
                }
            }
        }
    

Setelah itu anda bisa running aplikasi tersebut, dan coba klik tombol clear maka secara otomatis semua isi pada JTextField akan terhapus. Sebenarnya, cara atau logika yang saya gunakan sama dengan yang saya gunakan di VB.NET, yaitu dengan mengambil semua komponen yang terdapat pada form lalu memfilternya. Dimana kita hanya melakukan pengeditan pada komponen yang bertipe JTextField.

Semoga Bermanfaat.

Comments on: "Me-reset JTextField Secara Simultan" (4)

  1. ramadani said:

    makasi…infonya, tapi aku coba kok blm bisa yah… saat aku cek type nya bukan textbox tapi groupbox…mohon bantuannya

    • maaf baru bls.. saya baru bisa OL
      kalo untuk vb.net, jika textboxnya ada didalam groupbox maka perlu ditambahkan nama groupboxnya
      spt ini
      for each a as control in me.groupbox1.controls
      If typeof a is textbox Then
      a.Text = ""
      End If

      asumsinya nama groupboxnya groupbox1

  2. maaf bang klo ngerset JTextArea secara simultan gimana tuch

Leave a Reply

